Surau TV

Banner

Bupati Rohul Resmikan 3,2 Kilometer Jalan Aspal

Image
Thursday, 27 December 2018 | 12:55:31 WIB


ROHUL - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman meresmikan penggunaan jalan aspal sepanjang 3,2 Kilometer di Desa Sangkir Indah, Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam. Dengan adanya jalan yang didanai APBD Murni Kabupaten tahun 2018 itu diharap bisa mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Bertempat di halaman kantor desa setempat, hadir juga Kepala Dinas PMPD Anton ST MT, Kepala Dinas Pussif Dipendri, Plt Kepala DPMPD H Irfan Ridho SSos, Camat Pagaran Tapah Darussalam Fisman Hendri SHut, Kapolsek Kunto Darussalam, Danramil Kunto Darussalam, Kepala Desa Sangkir Indah Arsanik SH, Adm PT SAI Sumarno didampingi CDO Dede Putra serta ratusan masyarakat setempat.

Kepala Desa Sangkir Indah, Arsanik dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohul, karena telah memberi perhatian pembangunan di desa yang ia pimpin. "Untuk jalan Alhamdulillah tahun ini sudah dapat diaspal sepanjang 3,2 Km, namun kita masih berharap peningkatan jalan ini nantinya bisa disampaikan, sebab masih ada sepanjang 3,7 Km yang belum diaspal," kata Arsanik.

Arsanik menambahkan, persoalan pendidikan di desa tersebut juga sangat membutuhkan perhatikan khusus pemerintah daerah, karena sampai saat ini untuk jenjang SMP itu masih numpang satu atap dengan SD Negeri 008 Pagaran Tapah. 

Dirinya menyebut, tidak tersedianya lahan menjadi penyebab utama mengapa sampai saat ini belum ada berdiri sekolah menengah pertama di sana. Untuk itu, dia sangat berharap ke perusahaan PT SAI ikut berpartisipasi membantu lahan, agar nantinya menjadi jalan untuk pengusulan ke pemerintah daerah.

Bukan hanya itu, Arsanik juga membeberkan tidak adanya akses menuju ibukota kecamatan juga  menjadi persoalan dihadapi warganya. Dimana untuk menuju Pagaran Tapah Darussalam atau sebaliknya, mereka di sana harus lebih dahulu melewati Ujung Batu. 

"Kita sangat berharap nantinya desa kami ini bisa terhubung ke kecamatan. Informasi yang kami terima dari Dinas PUPR Rohul memang jembatan gantung Desa Sangkir-Pagaran Tapah masuk 5 prioritas dalam Musrenbang Kabupaten ke Provinsi maupun Provinsi ke Pusat. Karena untuk jembatan gganrung, itu dianggarkan  dari APBN," terangnya.

Terkait harapan warga itu, Bupati Rohul H Sukiman menerangkan, secara prinsip pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan infrastruktur di desa baik jalan, jembatan dan sarana umum seperti sekolah bisa terbangun, sehingga masyarakat bisa lebih mudah mengakses ke luar desa, dan anak-anak bisa bersekolah.

Untuk peningkatan jalan desa yang belum selesai, kata Bupati akan menjadi perhatian pemerintah daerah, tapi belum bisa dianggarkan dalam APBD murni 2019, sebab sudah disahkan. "Kita akan masukkan dalam APBD 2020 sama dengan pembangunan sarana pendidikan SMP, ini juga akan jadi perhatian kami," jelas Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menitip pesan pembangunan kepada pihak PT SAI. Dimana dalam pengaspalan jalan desa yang belum tuntas tersebut, hendaknya juga mendapat perhatian perusahaan. "Kita harus bangun desa ini secara bersama-sama, saya juga sangat berharap partisifasi perusahaan," pinta orang nomor satu Rohul ini.

Menjawab permintaan Bupati, Adm PT SAI Sumarno pihaknya terbuka untuk menyerap keperluan yang dibutuhkan masyarakat khususnya yang berada di ring satu perusahaan. Untuk pengaspalan jalan, kata Adm dibutuhkan keputusan dari pimpinan tertinggi anak perusahaan Astra Agro Lestari (AAL) di Jakarta. 

"Disini, kami hanya ditunjuk sebagai operasional, sedangkan berkenaan dengan pembangunan kami akan sampaikan ke manajemen pusat. Intinya kami terbuka untuk membantu keperluan masyarakat yang disampaikan ke pak Bupati," sebut Adm Sumarno.

Sesi kedua sebelum istirahat, Bupati H Sukiman berkesempatan meresmikan penggunaan jalan aspal desa. Kemudian, Gedung BPD dan BUMDes yang dibangun dengan Dana Desa (DD) tahun 2018. Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung dan gunting pita oleh bupati. 

Sumber : MCR

Laporan : -

Editor : Red

loading...
Post

BRK Ukir Prestasi di IICG 2018

3 minggu yang lalu