Surau TV

Banner

Gesa Infrastruktur dan Buka keterisoliran di 9 Desa Kampar Kiri Hulu, Bupati Kampar Adakan Pertemuan Dengan Dirjen Bina Marga RI

Image
Thursday, 19 July 2018 | 14:01:31 WIB


Jakarta (nusapos.com) - Untuk mengatasi isolasi yang ada di 9 (Sembilan ) Desa Bupati Kampar H Azis Zaenal melakukan Audiensi dan pertemuan dengan Plt. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia Arie Setiadie Moerwanto didampingi Direktur Jenderal Jaringan  Rachman Arief Dienaputra, M.Eng .

Peretemuan yang dialngsungkan di ruangan Sitroom Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR di Jakarta pada hari Rabu, 18/7, Bupati Kampar H. Azis Zaenal menjelaskan kondisi 9 desa terisolir yang belum bisa merasakan nikmat kemerdekaan karena belum adanya jalan darat yang menghubungkan antar desa menuju ibu kota kecamatan.

Audiensi dan pertemuan tersebut Bupati Kampar didampingi oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Ir. Azwan, M. Si dan Kadis PUPR Ir. Afdal, St, MT tersebut mengemukakan pentingnya pembanguan yang ada di Sembilan Desa untuk memutus kterisoliran dan sarana yang menghubungjkan jalur ekonomi dan akses masyarakat ke luar. Maka berkaitan itulah pengusulan bantuan rangka jembatan gantung dan jembatan besi yang menghubungkan 9 (sembilan) desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Dikatakan Bupati Kampar dalam pembicaraan tersebut Selain tingginya harga sembilan bahan pokok, harga-harga bahan bangunan seperti besi dan semen juga sangat tinggi karena satu satunya alat transportasi hanya bisa menggunakan sampan yang dinamai oleh masyarakat setempat piyau” Kata Azis Zaenal lagi. 

Dijelaskan juga pada musim kemarau panjang bisa terjadi kelaparan karena sampan tidak bisa melewati jalur sungai yang sangat dangkal” Tambah Bupati Kampar lagi.

Sementara itu Dirjen Arie Setiadie Moerwanto didampingi Direktur Jenderal Jaringan  Rachman Arief Dienaputra, M.Eng sangat menyambut baik usulan tersebut dan berjanji akan membantu sepenuhnya khususnya rangka jembatan gantung termasuk abutment” Katanya.

Pemkab diminta langsung berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I di Medan untuk dilakukan survey dan perencanaan teknis lebih lanjut. Sedangkan pembangunan jalan lebar 1.5 meter sepanjang 36 KM dan jembatan besi akan dibebankan kepada Pemda dan desa. 

Dalam pertemuan tersebut juga disepakati bahwa bantuan rangka jembatan gantung akan dilaksanakan secara bertahap selama 4 tahun dan Dirjen minta agar pelaksanaan dibagi per segmen. 

Menanggapi hal tersebut Bupati Kampar atas nama pemerintah kabupaten Kampar dan masyarakat Kampar khususnya masyrakat di 9 desa mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya dan sejarah akan mencatat bahwa di era Dirjen dan Direktur saat ini akan dimulainya upaya membuka keterisoliran 9 desa dan inshaa Allah masyarakat akan merasakan nikmat kemerdekaan sesungguhnya dengan adanya jalan darat yang menghubungan 9 desa yang lebarnya hanya 1.5 Meter” Kata Azis Zaenal terharu 

Sumber : -

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...