Bupati Inginkan Kampar Jadi Daerah Industri

Image
Thursday, 31 May 2018 | 08:06:32 WIB


TAPUNG (nusapos.com) - Kemajuan suatu negeri saat ini ditentukan kemajuan sektor industri. Negara-negara maju saat ini karena industrinya yang sangat baik. Oleh sebab itu, sesuai program 3i ke depan Bupati menginginkan Kabupaten Kampar menjadi daerah industri di Provinsi Riau.

Demikian dikatakan Bupati Kampar Azis Zaenal ketika memberikan sambutan pada acara Safari Ramadhan Tim 1 Pemerintau Kabupaten (Pemkab) Kampar di Desa Patapahan Kecamatan Tapung, Senin (28/5).

Bupati juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2019, Kabupaten Kampar juga akan mempunyai pabrik pengolahan ikan skala internasional di daerah Koto Parambahan Kecamayan Kampar Timur . "Ini program nasional senilai Rp18 Miliar lebih yang kita upayakan bersama Dinas Perikanan. Kalau pabrik ini sudah berjalan akan berdampak kepada peningkatan perekonomian masarakat", ujarnya didampingi Sekretaris Dinas Perikanan Zulfahmi saat memperkenalkan satu persatu kepala OPD dan tupoksinya kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan beberapa program diantaranya adalah 1000 rumah layak huni pertahun, pembangunan jembatan 16 unit, pengembangan Mesjid Islamic Center, pembangun desa dan pengembangkan wisata. Agar semua itu dapat berjalan, diperlukan semangat kebersamaan seluruh komponen baik dari pemerintah maupun masyarakat. "Mari kita bangun kampar dengan satukan pandangan dan satukan niat agar pembangunan di Kabupaten Kampar berjalan dengan cepat, tepat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jangan ada lagi perbedaan pandangan antara kita, yang menyebabkan tersendatnya pembangunan,"ungkapnya.

Selanjutnya untuk percepatan pembangunan di desa, Bupati menghimbau seluruh kepala desa agar dana Rp1M lebih per desa di singkronkan dengan dana APBD Kampar agar pembangunan akan cepat terlaksana. Kades juga diminta untuk selalu berkomunikasi dengan Pemkab agar pembangunan cepat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat. 

Sebelum mengakhiri rangkaian safari Ramadhan, Bupati Kampar berkesempatan menyerahkan secara simbolis bantuan Pemkab Kampar sebesar Rp15 juta untuk pembangunan masjid, penyerahan bantuan secara simbolis untuk 10 masyarakat miskin di Kecamatan Tapung masing-masing Rp1,5juta. Dana zakat tersebut sebelumnya dikumpulkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk Kecamatan Tapung pembagian beras Rastra untuk 3776 kk dan penyaluran dilakukan setiap bulannya.  Selain itu ada bantuan Program Bantuan Iuran (PBI) dengan jumlah penerima bantuan iuran Jaminan kesehatan Nasional untuk kecamatan Tapung sebanyak 19.702 jiwa dan Jaminan Kesehatan Daerah Jamkesda Kecamatan Tapung sebanyak 3.801 jiwa.

Tokoh masyarakat sekaligus pengurus mesjid Raya Tapung Jamani mengungkapkan mesjid ini masih banyak yang harus dilengkapi sebagai pusatnya Islam di Kecamatan Tapung.

Sumber : Humas Kampar

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...