Surau TV

Banner

Kampar Pertama Pelaksanaan MTQ di Provinsi Riau

Image
Sunday, 29 April 2018 | 08:02:38 WIB


Tambang (nusapos.com) - Kabupaten Kampar merupakan Kabupaten pertama yang melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan Plt Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemrov Riau H Ahmad Syaharrofie,SH,MH pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten ke-49 di Halaman Kantor Tambang, sabtu malam (28/4/18).

Ahmad yang juga merupakan Ketua LPTQ Riau tersebut menyampaikan apresiasi terhadap Kampar yang secara cepat melaksanakan Mtq tingkat Kabupaten, dalam hal ini kita berharap pelaksanaan Mtq bisa mengairahkan anak bangsa dalam memperlajari Al-Qur'an.

Diawali dengan Defile Marcin Band Praja Pol PP Kampar diikuti oleh kafilah-kafilah dari 21 Kecamatan, Indra Gunawan yang merupakan Juara Mtq Internasional tahun 2005 di Kuala Lumpur melantunkan ayat suci Al-Qur'an.

Bupati Kampar yang membuka secara resmi pelaksanaan Mtq dalam arahannya menyampaikan hal senada dengan Ahmad, bahwa Kampar merupakan salah satu Kabupaten pertama yang melaksanakan Mtq tingkat Kabupaten.

Dengan pelaksanaalan Mtq ini Azis Zaenal berharap tahun depan Kampar bisa Juara Umum, dimana sebelumnya pada tahun 2017 Kampar pada Mtq tingkat Provinsi Riau pinis diperingkat ketiga.

Kita tau bahwa Kampar merupakan gudangnya Qori dan Qori'ah, dengan demikian mari kita terus tingkatkan pemahaman dalam al-qur'an agar para pemimpim nantinya orang- orang yang mengerti dengan al-qur'an.

Dalam hal ini kita akan mulai lakaukan Training para Qori dan Qori'ah Kampar. Semoga Qori dan Hafiz Kampar bisa bersaing di Tingkat Nasional di Sumatra Utara nantinya.

Sementara itu ketua Panitia Pelaksana Mtq Drs Yusri,M.Si dalam laprannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten Kampar ke-49 dimulai sabtu 28 April sampai dengan 4 Mei 2018.

 Dimana para Dewan Hakim Berasal dari LPTQ dari Provinsi Riau dan Kampar dengan 67 orang dewan hakim, 9 orang panitra serta 9 orang penghubung.

Sementara Cabang-cabang yang akan diperlombaan pada Mtq ini antara lain perlombaaan Cabang Tilawah Qur'an, Cabang Hifzil Qur'an, Cabang Tafsil Qur'an, Cabang Fahmil, Cabang Syahril, Cabang Khatil Qur'an serta Cabang
Mtq Maqolah.

Sementara itu dipenghujung acara, Pesta Kembang api mewarnai langit yang cerah dengan dilnjutkan dengan penaikan bendera Mtq serta penyerahan Piala bergilir dari Camat Kampa kepada Bupati Kampar dan diserahkan kepada Ketua Panitia untuk diperebutkan.

Sumber : diskominfo kampar/mzk

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...