Surau TV

Banner

Jalan ke Tepian Mahligai Mulai Dibangun, Pok Darwis Kampuong Danau Sampaikan Terimakasih ke PLN dan Dinas Perikanan 

Image
Wednesday, 25 April 2018 | 07:52:27 WIB


XIII KOTO KAMPAR (nusapos.com) - Harapan masyarakat dan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampuong Danau Koto Panjang Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar akhirnya tercapai. Pihak PT PLN (Persero) dan Dinas Perikanan Kabupaten Kampar mulai  melakukan perbaikan jalan menuju Tepian Mahligai.

Ketua Pok Darwis Kampuong Danau Koto Panjang Sarpawi didampingi Sekretaris Nasri kepada wartawan, Selasa (24/4/2018) mengungkapkan, atas nama masyarakat dan pengurus Pok Darwis Kampuong Danau Koto Panjang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT PLN (Persero) dan Dinas Perikanan Kabupaten Kampar yang telah bersedia membantu perbaikan jalan yang saat ini masih jalan tanah sepanjang 1,2 kilometer dari jalan nasional Riau-Sumbar menuju Tepian Mahligai atau pinggir Danau PLTA Koto Panjang. "Jalan sepanjang 1,2 kilometer ini akan disemenisasi dan untuk pelebarannya hari ini alat berat eksavator dari Dinas Perikanan Kampar sudah bekerja," ujar Sarpawi.

Ia mengakui, harapan terbesar masyarakat selama ini adalah adanya pihak yang membantu perbaikan jalan sehingga memudahkan masyarakat keluar masuk di kawasan yang tidak jauh dari jalan nasional Riau-Sumbar ini.

Dikatakan, awal dibukanya ruas jalan ini dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat dengan menggunakan peralatan sederhana seperti cangkul. Masyarakat juga telah merelakan pohon karet mereka ditumbangkan. Selain dibuka sebagai kawasan wisaya, di pinggir danau ini juga telah dibangun dermaga sederhana. Tak kurang sebanyak 40 nelayan membongkar hasil tangkapan ikan dari Danau PLTA Koto Panjang setiap hari. 

Selain itu, ratusan petani karet yang menyadap karet di seberang danau juga membawa hasil kebun karetnya ke dermaga ini untuk dijual kepada toke.

"Masyarakat Pulau Gadang siap membantu program-program PLN, khususnya kami dari pengurus Pok Darwis Kampuong Danau," imbuh Sarpawi.

Dengan dibangunnya jalan yang bagus dan dermaga yang permanen ia yakin bahwa kunjungan wisatawan ke pulau-pulau yang ada di Danau PLTA Koto Panjang, Dermaga Tepian Mahligai maupun wisata Air Terjun yang ada di seberang danau akan meningkat sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kalau jalan sudah bagus, dermaga sudah bagus maka hasil panen keramba di danau ini juga bisa dibawa ke sini," ulas pria yang baru saja mengikuti pelatihan dan studi banding ke Pulau Jawa ini.

Sumber : -

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...