Penobatan Sultan Kerajaan Kampa XIV Diharapkan Dapat Menyelesaikan Persoalan Adat

Image
Tuesday, 27 March 2018 | 15:48:19 WIB


KAMPAR (nusapos.com) - Penobatan Azis Zaenal sebagai Sultan Kerajaan Kampa XIV diharapkan dapat menyelesaikan persoalan adat. 

Aidil Amin Dt. Palo Panglimo Kampa berharap Lembaga adat dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang dapat merusak persatuan masyarakat adat. 

Dt. Palo mengatakan, penobatan ini sudah kesepakatan tokoh masyarakat dan ninik mamak untuk menyambung kembali mata rantai sejarah yang sudah lama terputus. 

Sesuai dengan musyawarah yang telah dilakukan dan berdasarkan pertimbangan silsilah keturunan, latar belakang pendidikan, agama, adat, sikap dan tindak tanduk serta prestasi yang dimiliki, maka pilihan ninik mamak dan tokoh masyarakat jatuh kepada Bupati Kampar, Azis Zaenal, ujar Aidil Amin Dt. 

Palo kepada wartawan seusai acara penobatan gelar Sultan Kampar ke XIV di Balai Adat Kenegrian Kampa, Senin (26/03/2018).

Komandan Batalyon 132 Bima Sakti itu juga berharap agar Datuok yang telah dinobatkan mampu melestarikan budaya adat sebagai pemersatu.

“ Datuok - Datuok Kampar telah berhasil memberikan contoh persatuan dalam khazanah adat. Lembaga adat harus mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang tengah terjadi di lingkungan Nagoghi kito. Seperti adanya datuok-datuok tandingan (dualisme).  Bagaimana generasi kita bisa bersatu sedangkan datuk aja saling klaim,” tutup Dt. Palo Panglimo Kampa.

Sumber : Rls

Laporan : -

Editor : Red

loading...