Kades dan Camat diminta Cermat Dalam Mengusulkan Kegiatan

Image
Wednesday, 14 February 2018 | 18:00:22 WIB

BANGKINANG (nusapos.com)- Permasalahan dan isu yang berkembang di setiap desa dan kecamatan tidak akan sama. Oleh karena itu  Kepala Desa dan Camat diminta  agar cermat dalam mengusulkan kegiatan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang).


Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs. Yusri,  M.Si mewakili Bupati Kampar saat membuka  Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  di Kecamatan Tahun 2018 wilayah II (Kecamatan Siak Hulu dan Perhentian Raja) di aula Kantor Camat Siak Hulu di Pangkalan Baru,  Rabu (14/2/18). 


"Kegiatan yang diusulkan merupakan kebutuhan mendesak, kegiatan lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya dalam rangka fungsionalisasi kegiatan, serta kegiatan yang memenuhi kriteria teknis untuk dilaksanakan", ujar Sekda Kampar. 


Hadir pada kesempatan tersebut,  Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal,  S.Sos, Kabid,  Kasubbid  dilingkup Bappeda Kampar,  Camat Siak Hulu Thabrani,  Camat Perhentian Raja Yuricho Efril,  Anggota DPRD Kampar Dedi Suheri dan Syafrizal,  Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar, Kepala Desa dari dua kecamatan,   upika dan tokoh masyarakat.


Menurut Sekda agar tercapainya sinkronisasi perencanaan pembangunan yang dimulai dari tingkat bawah (Bottom Up Planning) dengan perencanaan yang berasal dari tingkat atas (Top Down Planning) diharapkan kepada seluruh kepala Perangkat Daerah terkait agar mencermati setiap usulan yang disampaikan "Kepada camat agar mempersiapkan berita acara hasil pelaksanaan musrenbang yang dilampirkan dengan notulen rapat untuk disepakati dan disetujui secara bersama," ujarnya. 


Diingatkan Sekda bahwa dalam menyusun perencanaan pembangunan ini, seluruh stakeholder perencana untuk mentaati setiap tahap perencanaan sesuai dengan aturan yang ada.  "Saya ingatkan tidak ada lagi program/kegiatan yang masuk ditengah jalan pada saat KUA-PPAS atau RAPBD yang tidak dibahas dalam tahapan pelaksanaan musrenbang," ingat Sekda. 


Disampaikan Sekda bahwa tujuan Pelaksanaan Musrenbang kecamatan adalah : Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di kecamatan. Prioritas kecamatan dimaksud merupakan usulan pembangunan yang bersifat antar wilayah desa.  Melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten Kampar.


Output atau hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini antara lain, Daftar  kegiatan prioritas  pembangunan di wilayah kecamatan menurut fungsi Perangkat Daerah, yang siap dibahas di forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD di Kabupaten yang akan didanai melalui APBD Kabupaten Kampar dan sumber pendanaan lainnya.


Usai dibuka oleh sekda dilanjutkan dengan diskusi dan penyampaian usulan kegiatan prioritas untuk Tahun 2019 oleh Kepala Desa dan Camat dengan moderator Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal.  Berbagai usulan disampaikan seperti pembangunan jalan,  turap,  ruang kelas,  pagar kantor,  pembersihan sungai dan sebagainya. 


Sekretaris Bappeda Afrizal menyampaikan kepada OPD agar memasukkan usulan tersebut dalam Renja OPD.  "Setelah Musrenbang di Kecamatan ini akan dilanjutkan dengan forum OPD, " ujarnya. 


Sementara itu Sekda Kampar Yusri menyampaikan bahwa seluruh usulan akan dibuatkab skala prioritas dan akan dirumuskan dengan baik.  "OPD cros cek ke lapangan,  usulan-usulan tersebut.  


Sumber : -

Laporan : Juliardi

Editor : Red


loading...
Post
kampar
Post
kampar
Post
kampar

Setetes Darah Sejuta Harapan

1 minggu yang lalu
Post
kampar

Kampar Kini Mulai Berbenah Diri

2 minggu yang lalu