Musrenbang Arena Strategis Dalam Merumuskan Perencanaan Pembangunan

Image
Tuesday, 13 February 2018 | 17:56:42 WIB


BANGKINANG (nusapos.com)-Proses penyusunan rencana program/kegiatan Tahun Anggaran  2019 dilaksanakan secara terkoordinasi antara Perangkat Daerah (PD) dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan sesuai dengan dokumen perencanaan pembangunan daerah, melalui mekanisme pelaksanaan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten.


Salah satu proses pengambilan keputusan secara partisipatif dalam kebijakan daerah adalah pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan. Musrenbang RKPD di Kecamatan ini merupakan arena strategis untuk para pemangku kepentingan dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan seluruh pelaku pembangunan yaitu, Pemerintah Kabupaten, DPRD, masyarakat dan swasta.


Demikian disampaikan Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH saat menyampaikan sambutan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan  RKPD di Kecamatan wilayah I di aula kantor Camat Kampar di Air Tiris,  Selasa (13/2/18).


“Melalui Musrenbang ini semua pemangku kepentingan duduk dan bermusyawarah bersama untuk membicarakan tantangan dan peluang pembangunan daerah ke depan dalam rangka mensejahterakan masyarakat, menciptakan kondisi usaha yang baik, dan memperbaiki penyelenggaraan pembangunan secara berkesinambungan,” ujar Wabup.


Musrenbang RKPD di Kecamatan Air Tiris ini diikuti oleh lima kecamatan, yakni Kecamatan Kampar, Kampar Utara, Rumbio Jaya, Kampa dan Tambang.  Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, MSi, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, MSi,  Kepala OPD se-kabupaten Kampar,  anggota DPRD Kabupaten Hendra Yani,  Syahrul Aidi,  Safi’i Samosir,  Yuli Akmal, Refinaldi,  Camat Kampar Amri Yudo,  Camat Kampar Utara Fajri Hasbi,  Camat Rumbio Jaya Syamsuriansah,  Camat Kampar Kholis Febriyasmi dan Camat Tambang Al Kautsar,  Kepala Desa di lima kecamatan (wilayah I), tokoh masyarakat serta undangan lainnya.  


Disampaikan Wabup bahwa penjaringan aspirasi yang dilaksanakan saat ini diharapkan dapat menghasilkan usulan rencana program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), dan menjadi dasar dalam penyusunan Kebijakan Umum APBD, Prioritas dan Plafon Anggaran sementara serta Rancangan APBD Tahun Anggaran 2019.


Usai dibuka  oleh Wakil Bupati Kampar, proses pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan dilanjutkan dengan  penyampaian program/kegiatan prioritas  setiap Desa/Kelurahan oleh masing-masing Camat.  Kemudian dilanjutkan  dengan diskusi dengan moderator Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, MSi.


Jalannya diskusi sangat dinamis. Banyak saran, pendapat, tanggapan, pertanyaan yang muncul dari  peserta Musrenbangcam seperti  yang disampaikan oleh Kepala Desa, Kepala OPD,  Anggota DPRD Kampar Syahrul Aidi, Hendra Yani, Yuli Akmal dan Refinaldi.


Para Kepala Desa pada umumnya minta agar desa mereka lebih diperhatikan karena masih banyak yang mereka butuhkan seperti jalan, turap, jembatan dan sebagainya. “Kami memang  ada  Dana Desa tapi jumlahnya terbatas  dan penggunaannya juga ada dasar hukumnya, oleh sebab itu kami mohon kegiatan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten  sehingga pembangunan di desa bisa merata,” ujar Anasril salah seorang Kepala Desa.


Sekda Kabupaten Kampar Yusri menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Kampar akan berupaya melakukan pemerataan  pembangunan. “Kita usahakan setiap desa itu minimal ada satu kegiatan pembangunan setiap tahunnya,” ujar  Yusri.


Sementara itu Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto menyampaikan bahwa Bupati dan Wakil Bupati Azis-Catur akan tetap   konsisten dengan apa yang digariskan (dijanjikan) saat kampanye. “Kita yakin Program Infrastruktur, Industri dan Investasi (31) dalam pemerintahan lima tahun ini dapat dituntaskan,” ujarnya.


Kepala Bappeda Kampar Azwan menyampaikan bahwa hasil diskusi ini ditindak lanjuti oleh semua  OPD dengan melaksanakan survey awal kelapangan    seperti menyangkut SK jalan, pembangunan turap, jalan, jembatan dan sebagainya. “Untuk kesepakatan jumlah kegiatan,  ada singkronisasi antara camat dengan OPD untuk menentukan mana yang paling prioritas,” ujar Azwan.


Diakhir pertemuan dilakukan penandatanganan berita acara hasil musrenbang RKPD  di Kecamatan  yang ditandatangani  oleh lima orang Camat dan perwakilan OPD serta Anggota DPRD Kabupaten Kampar. 

Sumber : -

Laporan : Juliardi

Editor : Red

loading...
Post

Setetes Darah Sejuta Harapan

6 bulan yang lalu