Surau TV

Banner

Hiburan Rakyat Meriahkan Hari Jadi Kampar, Nasrul : Gali dan Lestarikan Kesenian Tradisional Kampar

Image
Friday, 05 February 2016 | 03:38:40 WIB


Kampar-Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 66. Kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kampar tersebut digelar mulai dari berbagai Kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten Kampar.

Untuk tingkat Kabupaten, salah satu acara yang digelar yaitu Hiburan Rakyat yang dipusatkan di Lapangan Pelajar Jalan Ahmad Yani Bangkinang Kota, Kamis (4/2). Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar H Nasrul MPd mewakili Bupati Kampar H Jefry Noer SH.

Nasrul yang membacakan sambutan Bupati Kampar mengatakan hiburan rakyat ini merupakan tradisi Kabupaten Kampar yang harus dibina dan disetarikan sehingga bisa dikenal, dicintai dan dikembangkan oleh semua kalangan. Terselenggaranya hiburan rakyat ini karena adanya perhatian dan kesungguhan serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Nasrul mengajak seluruh masyarakat untuk menggali, mengangkat dan mengembangkan kesenian tradisi yang masih hidup di tengah-tengah masyarakat. Ke depan, pelaksanaan hiburan rakyat ini dapat ditingkatkan lagi sehingga nantinya kegiatan ini dapat menjadi salah satu icon budaya dalam event budaya di Kabupaten Kampar. Untuk itu ada beberapa langkah agar dapat terealisasi harapan tersebut yakni memperluas jangkauan pembinaan kesenian di seluruh wilayah di Kabupaten Kampar serta tampil pada setiap event kesenian dan budaya di dalam maupun di luar negeri.

16 peserta Hiburan Rakyat

Untuk mengisi acara hiburan rakyat tersebut, ada 16 peserta yang menghibur masyarakat, antara lain SMKN 1 Bangkinang Kota, SMAN 1 Bangkinang Kota, SMAN 2 Bangkinang Kota, SMAN 1 Salo, SMAN 1 Bangkinang, SMAN 1 Kampar Timur, SMK PGRI Salo, SMKN 1 Kuok, SMAN 1 Kuok, SMAN 1 Kampar, SMAN 2 Kampar, Sanggar Classic Gong Junior, Sanggar Lawik Ombun Art Community Kecamatan Kuok, Sanggar Hitam Putih, Gong Kontemporer, serta artis-artis Kabupaten Kampar.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan tari daerah, musik daerah, theather daerah, lagu daerah dan lawak dengan tema ciptakan karya-karya budaya kesenian rakyat anak negeri yang handal menyongsong Kampar sejahter zero kemiskinan, pengangguran dan rumah-rumah kumuh melalui Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) sejahtera dunia akhirat.   

Ketua Pelaksana Drs Zainal Abidin MPd saat berada dilokasi mengatakan hiburan rakyat tahun 2016 ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari terhitung tanggal 4 s/d 5 Februari 2016 di mulai jam 20.00 sampai 23.30 WIB. Dalam kegiatan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar menggandeng Ikatan Pelajar Mahasiswa Kampar Sumatera Barat (IPMK-SB) sehingga nantinya pelajar dan mahasiswa juga dapat memberikan partisipasinya. IPMK-SB membuat berbagai ajang prestasi festival bagi pelajar dan generasi muda yang kreatif untuk unjuk kebolehan baik itu tarian kreasi daerah, lomba poster, musik, cerpen, photographer kontes serta lainnya.

Ditambahkannya, tujuan dilaksanakan hiburan rakyat ini adalah menampilkan dan memperkenalkan lebih dekat lagi berbagai ragam budaya yang ada dikabupaten Kampar, wahana peningkatan apresiasi masyarakat terhadap daerah dan sebagai pembinaan generasi muda untuk mewariskan, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya.(fr/hms)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...